Program MBKM: Experience Story Ecoethno Center - Kegiatan Pendidikan Non-Formal

Depok, 4 November 2022 - Jakarta Global University (JGU) dengan bangga menghadirkan pengalaman Kak Fikri, mahasiswa Jurusan Teknik Mesin, dalam mengikuti Program MBKM Echoethno. Program ini merupakan bagian dari upaya JGU dalam memberikan pengalaman belajar yang berorientasi pada dunia nyata dan memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar.

Kak Fikri, melalui Program Echoethno, berkesempatan terlibat dalam pengembangan masyarakat di Desa Cibuluh Pangalengan, Bandung. Salah satu aspek utama kegiatan ini adalah membangun aspek wirausaha dan kemandirian warga setempat dengan memanfaatkan potensi yang ada di sekitar lokasi campsite.

Dalam kegiatan Echoethno, Kak Fikri dan timnya melaksanakan berbagai tugas, termasuk perakitan kincir angin, pencarian sumber air bersih yang mendukung keberlangsungan hidup di Desa Cibuluh, serta pengambilan data angin dari ketinggian 12 meter. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan kolaborasi antar stakeholder, mempercepat perkembangan komunitas, serta memberikan pengalaman belajar yang nyata dan berfokus pada pemecahan masalah (problem solving) serta pembelajaran melalui pengalaman langsung (learning by doing) bagi mahasiswa.

Kak Fikri merasakan pengalaman berharga dan berkesan dalam mengikuti Program Echoethno. Dalam slide carousel yang disediakan, Kak Fikri membagikan kegiatan yang dilakukan, kesan-kesan yang dirasakan, dan harapannya terhadap program magang ini. Kak Fikri berharap bahwa melalui kegiatan seperti ini, mahasiswa JGU dapat terus terinspirasi, terlibat dalam pembangunan masyarakat, dan mampu memberikan dampak positif baik secara lokal maupun global.

JGU terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas tinggi yang tidak hanya melibatkan proses belajar di dalam kelas, tetapi juga melibatkan pengalaman nyata di lapangan. Melalui Program MBKM Echoethno dan program-program lainnya, JGU berharap mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi, sikap, dan keterampilan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja.

© 2021 Jakarta and Global University