Programme

Information Systems

PROFIL

JURUSAN SISTEM INFORMASI

JAKARTA GLOBAL UNIVERSITY

 

VISI

Pada tahun 2030 menjadi program studi unggulan dalam menyediakan inovasi pendidikan sistem informasi secara holistik untuk masa depan yang lebih baik dengan fokus pada manajerial sistem informasi dan pengelolaan aset data berkualitas dalam memenuhi tuntutan global dengan perkembangan IPTEKS yang berlandaskan pada Tuhan yang Maha Esa, entrepreneurship, mandiri, dan kompeten dibidang Sistem Informasi.

 

MISI

  1. Menyiapkan lulusan yang menguasai bidang sistem informasi dengan membina mahasiswa dan dosen secara kreatif agar mempunyai perspektif global;
  2. Mengembangkan bidang sistem informasi yang relevan dengan kebutuhan nasional maupun global dan siap menghadapi kebutuhan sumber daya manusia yang terampil;
  3. Mendidik mahasiswa sistem informasi, yang mencakup pengetahuan dan keterampilan dalam prose pengembangan sistem informasi untuk kebutuhan bisnis yang inovatif melalui proses pembelajaran intensif, dan kolaborasi industri;
  4. Mendukung berbagai kegiatan yang bersifat sosial dalam sistem informasi dengan penekanan pada penerapan pengetahuan kepada masyarakat yang berlandaskan moral, etika, dan budi pekerti demi meningkatkan kecerdasan dan martabat bangsa.

 

TUJUAN

  1. Terwujudnya pendidikan yang berkualitas dengan memanfaatkan teknologi terkini
  2. Terbangunnya jejaring kerjasama dengan instansi pendidikan dan industri;
  3. Meningkatnya penelitian dan pengembangan yang dilakukan sivitas akademika dalam bidang sistem informasi;
  4. Meningkatnya kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh sivitas akademika sebagai wujud implementasi dari pengajaran dan penelitian.

 

 

PROFIL LULUSAN

  • Manajer Sistem dan Teknologi Informasi

Mampu mengelola STI dan proyek STI, merancang dan mengelola arsitektur STI, serta Menyusun solusi untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat strategis dan taktikal;

  • Profesional Manajemen Data

Mampu menganalisis, merancang, membangun, dan mengelola basis data perusahaan

  • Pengembang Perangkat Lunak

Mampu menentukan kebutuhan pengguna, mendesain solusi, mengimplementasikan solusi dalam bentuk perangkat lunak, dan melakukan evaluasi terhadap perangkat lunak yang dihasilkan.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

  1. SIKAP
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika serta nilai-nilai kebudiluhuran;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
  11. Memiliki kemampuan kepemimpinan yang baik dan kemampuan mampu bekerja dalam team serta memiliki kemampuan komunikator yang baik; dan
  12. Memiliki jiwa kewirausahaan dengan moral yang baik dan mampu menciptakan dampak bagi masyarakat luas.

 

  1. PENGUASAAN PENGETAHUAN
    1. Menguasai pengetahuan mengenai konsep pengembangan software, untuk dapat memformulasikan permasalahan dalam Siklus Pengembangan sistem informasi yaitu Perencanaan, analisa, desain, implementasi dan testing.
    2. Menguasai pengetahuan dalam membaca permasalahan yang dihadapi perusahaan dan alternatif pemecahan masalah serta bagaimana mengintegrasikan komponen IT dan non IT sehingga dapat memberikan manfaat maksimal bagi perusahaan
    3. Menguasai konsep-konsep matematika, statistika untuk memecahkan berbagai masalah komputasi.
    4. Menguasai konsep-konsep bahasa pemrograman, serta mampu membandingkan berbagai solusi serta berbagai model bahasa pemrograman.
    5. Memahami konsep-konsep metode dan model sistem dan mampu menganalisis kompleksitas sebuah sistem untuk memberikan solusi pemecahan masalah.
    6. Mengetahui proses rekayasa perangkat lunak, mulai dari analisis perancangan, implementasi, hingga ke pengujian.
    7. Memiliki pengetahuan dan mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.
    8. Menguasai konsep-konsep basis data dan mampu membangun basisdata untuk pngembangan sistem berbasis komputer.
    9. Menguasai bahasa dan algoritma pemrograman yang berkaitan dengan program aplikasi untuk memanipulasi model gambar, grafis dan citra.
    10. Memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk mengelola sistem menjadi lebih efektif dan efisien
    11. Mampu merencanakan sebuah proyek pengembangan sistem dengan menggunakan metode dan teknik yang tepat.
    12. Memahami bermacam-macam risiko keamanan komputer sekaligus teknik-teknik untuk menangkalnya.
    13. Memahami konsep multimedia dan perencanaan penggunaan terhadap kebutuhan organisasi; dan
    14. Memahami konsep & proses perencanaan digital marketing, sekaligus konsep analisis sosial media yang efektif terhadap strategi organisasi.

 

  1. KETERAMPILAN UMUM
    1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
    2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
    3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
    4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
    5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
    6. Mampu memelihara dan mengembang-kan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
    7. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
    8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
    9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi; dan
    10. Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

 

  1. KETERAMPILAN KHUSUS
  1. Mampu mengaplikasikan setiap tahapan dalam Siklus Pengembangan sistem informasi yaitu Perencanaan, analisa, desain, implementasi dan testing dengan menerapkan teknologi IPTEK yang terkini serta mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi pada setiap tahapan pengembangan sistem;
  2. Mampu membaca proses dalam sebuah perusahaan untuk kemudian memetakan masalah IT yang dihadapi perusahaan, mampu mengkaji menyelesaikan permasalahan IT yang dihadapi serta mampu mengintegrasikan komponen IT dan no44n IT sehingga dapat memberikan manfaat maksimal bagi perusahaan;
  3. Mampu menganalisis dan merancang program, sistem, atau aplikasi untuk meningkatkan efektivitas penggunaan komputer untuk memecahkan masalah tertentu, menggunakan berbagai bahasa pemrograman;
  4. Menerapkan konsep-konsep yang berkaitan dengan manajemen informasi, termasuk menyusun pemodelan dan abstraksi data serta membangun aplikasi perangkat lunak untuk pengorganisasian data dan penjaminan keamanan akses data;
  5. Memanfaatkan teknologi-teknologi di bidang informasi dan komunikasi untuk membangun website atau aplikasi pada perangkat mobile;
  6. Merancang algoritma yang efisien dan efektif untuk memecahkan berbagai persoalan komputasi;
  7. Mampu merancang dan menerapkan infrastruktur teknologi informasi untuk mewujudkan ketahanan informasi berorientasi pada kebutuhan masyarakat dan perkembangan teknologi secara berkelanjutan;
  8. Bertanggung jawab pada aktivitas hasil teknologi secara aman dan memiliki kemampuan (pengelolaan) manajerial tim dan kerja sama (team work), manajemen diri, mampu berkomunikasi baik lisan maupun tertulis dengan baik dan mampu melakukan presentasi;
  9. Mampu mengidentifikasi kebutuhan organisasi/perusahaan dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan melalui data penelitian yang tepat, mengumpulkan data, mengorganisasikan data, dan mengelola data;
  10. Mampu menguji sistem basis data, back up data, memulihkan data yang hilang atau rusak, serta memastikan integritas dan keamanan data yang dikumpulkan;
  11. Mampu merancang sistem informasi dalam bentuk multimedia untuk kebutuhan perusahaan yang efektif; dan
  12. Mampu mengidentifikasi kebutuhan digital marketing untuk kebutuhan organisasi/bisnis agar terciptanya efektifitas promosi dan juga target pasar.